Kamis, 11 April 2013

Herpes zoster



Herpes zoster merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV). Masyarakat indonesia khususnya jawa menamai Herpes zoster ini sebagai “Dompo” atau sakit dompo. Penyakit ini dapat menular. Biasanya seseorang hanya mengalami penyakit ini sekali saja, karena begitu sudah terkena akan mendapatkan kekebalan seumur hidup.
Penyebab Herpes zoster
Seperti telah disinggung diatas, Herpes zoster disebabkan oleh varicella zoster virus, virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Setelah seseorang sembuh dari cacar air, virus tetap dalam tubuh dalam keadaan tidak aktif. Untuk alasan yang tidak sepenuhnya diketahui, virus dapat mengaktifkan kembali pada tahun berikutnya, lalu menyebabkan herpes zoster. Herpes zoster tidak disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan herpes genital, yaitu penyakit menular seksual.
Gejala dan tanda Herpes zoster
Herpes zoster (dompo) biasanya dimulai sebagai ruam yang menyakitkan pada satu sisi wajah atau tubuh. Ruam membentuk lepuh yang biasanya berkeropeng dalam 7-10 hari dan akan hilang dalam waktu 2-4 minggu.
Sebelum ruam berkembang, sering ada rasa sakit, gatal, atau kesemutan di daerah di mana ruam akan berkembang. Hal ini dapat terjadi di mana saja dari 1 sampai 5 hari sebelum ruam muncul.
Herpes zoster

herpes  zoster pada punggung
Paling umum, ruam terjadi pada garis tunggal sekitar baik kiri atau sisi kanan tubuh. Dalam kasus lain, ruam terjadi pada salah satu sisi wajah. Dalam kasus yang jarang terjadi (biasanya di antara orang dengan sistem kekebalan yang lemah), ruam mungkin lebih luas dan terlihat mirip dengan ruam cacar. Herpes zoster dapat mempengaruhi mata dan menyebabkan hilangnya penglihatan.
Gejala lain dari herpes zoster dapat mencakup
Demam
Sakit kepala
Panas dingin
Tidak nyaman pada perut
Transmisi/penyebaran Herpes zoster
Herpes zoster tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain. Namun, virus yang menyebabkan herpes zoster, varicella zoster virus, dapat menyebar dari orang dengan herpes zoster aktif untuk seseorang yang belum pernah menderita cacar air. Dalam kasus tersebut, orang yang terkena virus mungkin mengembangkan cacar air, tetapi mereka tidak akan mengembangkan herpes zoster. Virus ini menyebar melalui kontak langsung dengan cairan dari ruam lepuh, bukan melalui bersin, batuk atau kontak biasa.
Seseorang dengan herpes zoster dapat menyebarkan virus saat ruam berada dalam fase-melepuh. Seseorang tidak menular sebelum lepuh muncul. Setelah ruam kering, orang tersebut tidak lagi menular.
Herpes zoster kurang menular dibandingkan cacar air dan risiko orang dengan herpes zoster menyebarkan virus rendah jika ruam tertutup.
Jika Anda memiliki herpes zoster
Jangan menyentuh atau menggaruk ruam.
Seringlah menCuci tangan Anda untuk mencegah penyebaran virus varicella zoster.
Sampai ruam Anda telah mengembangkan kerak, hindari kontak dengan ibu hamil yang belum pernah menderita cacar air atau vaksin varicella ;prematur atau berat badan bayi lahir rendah, dan orang immunocompromised (seperti orang yang menerima obat imunosupresif atau menjalani kemoterapi, penerima transplantasi organ, dan orang dengan infeksi HIV).
Komplikasi Herpes zoster
Komplikasi yang paling umum dari herpes zoster adalah suatu kondisi yang disebut postherpetic neuralgia. Orang dengan Perkesmapostherpetic neuralgia mengalami sakit parah di daerah di mana mereka memiliki ruam, bahkan setelah ruam teratasi.
Rasa sakit dari postherpetic neuralgia bisa berat dan melemahkan, tetapi biasanya sembuh dalam beberapa minggu atau bulan pada kebanyakan pasien. postherpetic neuralgia, bagaimanapun, berlangsung selama bertahun-tahun di beberapa orang.
Lanjut usia, mereka lebih cenderung untuk mengembangkan postherpetic neuralgia, dan rasa sakit yang lebih mungkin untuk menjadi parah. postherpetic neuralgia jarang terjadi antara orang-orang di bawah 40 tahun, tetapi bisa terjadi pada sampai setengah (dan mungkin lebih) orang-orang yang tidak diobati yang 60 tahun dan lebih tua.
Herpes zoster dapat menyebabkan komplikasi serius yang melibatkan mata. Sangat jarang, herpes zoster juga dapat menyebabkan pneumonia, masalah pendengaran, kebutaan, radang otak (ensefalitis) atau kematian.
Pencegahan herpes zoster
Satu-satunya cara untuk mengurangi risiko herpes zoster dan rasa sakit jangka panjang yang dapat mengikuti herpes zoster adalah mendapatkan vaksinasi.
Antivirus beberapa obat-asiklovir, valasiklovir, dan famsiklovir-yang tersedia untuk mengobati herpes zoster. Obat-obatan ini akan membantu memperpendek panjang dan tingkat keparahan penyakit. Tetapi untuk menjadi efektif, mereka harus dimulai sesegera mungkin setelah ruam muncul. Dengan demikian, orang-orang yang memiliki atau berpikir mereka mungkin memiliki herpes zoster harus menghubungi penyedia layanan kesehatan mereka sesegera mungkin untuk mendiskusikan pilihan pengobatan.
Analgesik (obat sakit) dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh herpes zoster. Kompres basah, lotion calamine, dan mandi dengan oatmeal koloid dapat membantu meringankan  gatal.
Melalui artikel ini, saya harap Anda sudah mengerti tentang : obat sakit dompo kesehatan, herpes zoster disebabkan, herpes zoster menular, mengobati herpes genital sesegera mungkin, Penyebab dompo, setelah hetpes zoster kering, tanda dompo

Sumber : http://mediskus.com/penyakit/herpes-zoster.html#ixzz2Q7JvCcgk
Harap sertakan Link Sumber Diatas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar