Kamis, 11 April 2013

Meningitis – Radang selaput Otak



Definisi Meningitis
Meningitis adalah peradangan pada selaput (meningen) yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Sehingga sebenarnya kurang tepat kalau mengartikan meningitis adalah radang selaput otak, karena pada kenyataannya meningen juga melapisi sum-sum tulang belakang. Meningitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau parasit. Dan sangat penting diketahui penyebabnya karena tingkat keparahan dan perawatan akan tergantung pada penyebabnya.
meningitis radang selaput otak
Meningitis radang meningen
Penyebab Meningitis
Karena Meningitis disebabkan oleh infeksi, maka bisa menular. Penularan meningitis dapat terjadi dari orang-ke-orang melalui batuk, bersin dan berciuman umumnya meningitis yang disebabkan oleh bakteri.
Sedangkan meningitis akibat virus menular dengan cara yang agak berbeda. Meningitis virus dapat menyebar melalui kontak dengan tinja yang terinfeksi dapat juga menyebar melalui tetesan (droplet) yang dilepaskan ketika orang batuk atau bersin.
Tanda & Gejala Meningitis
Meningitis dapat menimbulkan gejala-gejala seperti demam tinggi, sakit kepala dan leher kaku (kaku kuduk). Gejala lain yang mungkin timbul termasuk mual, muntah, rasa tidak nyaman melihat ke lampu terang, kebingungan dan kantuk.
Mungkin sulit untuk menemukan gejala yang mengarah ke meningitis pada bayi baru lahir dan bayi kecil. Bayi dengan meningitis mungkin tampak lambat atau tidak aktif, muntah, mudah marah (rewel) atau nafsu makan buruk. Pasien dari segala usia yang terkena meningitis bisa juga mengalami kejang.
Pencegahan Meningitis
Mencegah meningitis dapat dilakukan dengan cara :
Cuci tangan secara menyeluruh dan sering dengan sabun dan air mengalir. Cuci tangan sangat penting setelah mengganti popok, menggunakan toilet, batuk atau membuang ingus di tisu.
Bersihkan permukaan yang terkontaminasi seperti gagang pintu, remote control TV dengan sabun dan air.
Tutup mulut ketika batuk. Tutup mulut ketika batuk dengan tisu atau arahkan batuk ke lengan atas. Setelah menggunakan tisu, buang di tempat sampah lalu cuci tangan.
Hindari berciuman atau berbagi gelas minum, alat makan, lipstik atau barang-barang lainnya dengan orang yang sakit atau dengan orang lain ketika Anda sakit.
Vaksinasi termasuk dalam jadwal imunisasi anak dapat melindungi anak-anak terhadap beberapa bentuk meningitis.
Pengobatan Meningitis
Meningitis akibat bakteri dapat diobati dengan sejumlah antibiotik yang efektif. Semakin awal diobati
hasilnya akan semakin baik.
Tidak ada pengobatan khusus untuk meningitis akibat virus. Kebanyakan
pasien sembuh sendiri dalam waktu dua minggu.
Pasien harus istirahat cukup, perbanyak minum cairan dan obat-obatan untuk meredakan demam dan sakit kepala.
Perawatan di rumah sakit mungkin diperlukan dalam kasus yang parah atau orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar