Kamis, 11 April 2013

WASPADA DEMAM BERDARAH KENALI NYAMUKNYA, BERANTAS TEMPAT PERINDUKANNYA



Demam Berdarah Dengue ( DBD ) masih menjadi masalah kesehatan di Kabupaten Banyuwangi walaupun jumlah kasus menurun dibanding tahun sebelumnya, dan luas penyebaran kasusnya juga menurun namun masih perlu diwaspadai bila sewaktu-waktu kasusnya meningkat.
DBD ditularkan dari penderita yang sakit atau diduga carier dengan bantuan vector berupa nyamuk Aedes Aegypty sebagai vector utama dan Aedes Albopictus sebagai vector sekundernya. Mengingat Wilayah Banyuwangi terdiri dari wilayah pantai sampai pegunungan, dimana sebagaian besar  berada dibawah ketiggian 1.000 diatas permukaan laut ( DPL ) yang memungkinkan  nyamuk aedes dapat tumbuh dan berkembang, sehingga hampir sebagian besar wilayah Kabupaten Banyuwangi rentan terhadap penularan Demam Berdarah Dengue.
Karena anti virus DBD belum ada, sehingga belum dapat dilakukan immunisasi untuk mencegah penyakit DBD, maka cara pemberantasan penyakit DBD yang paling efektif  adalah dengan memutus rantai penularan yaitu dengan memberantas nyamuk penularnya.
Upaya yang telah dilakukan untuk memberantas nyamuk Aedes Aegypty dan Albopictus adalah dengan Pemantaun Jentik Berkala (PJB), Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ) dengan 3M Plus, Abatisasi dan Fogging fokus sebagai alternative terakhir untuk pemberantasan nyamuk dewasa yang telah mengandung virus dengue.
Hal ini tidak dapat dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan jajarannya, mengingat keterbatasan tenaga dan sarana yang ada , untuk itu diperlukan kerjasama lintas program dan lintas sector dalam mengupayakan kegiatan  PSN sebagai kegiatan yang paling murah dan efektif dalam memberantas penyakit DBD yang harus dilakukan serentak dan rutin oleh masyarakat.
Aedes Dewasa
v  Warna hitam dengan titik – titik putih
v  Hidup pada ketinggian < 1000 m DPL
v  Kemampuan terbang Hz 100 – 200 m
v  Kemampuan terbang Vertikal 0 – 8 m
v  Umur Betina 2 – 3 bulan, jantan 1 minggu
v  Yang menggigit hanya nyamuk betina untuk pematangan telur

http://dinkes.banyuwangikab.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar