Kamis, 11 April 2013

Lupus – Definisi dan Jenis-jenis Penyakit Lupus



Penyakit Lupus  adalah penyakit autoimun kronis. Penyakit lupus ini dapat merusak bagian manapun dari tubuh (kulit, sendi, dan / atau organ di dalam tubuh). Kronis berarti bahwa tanda-tanda dan gejala cenderung bertahan lebih lama dari enam minggu dan sering selama bertahun-tahun. Pada lupus, ada masalah dengan sistem kekebalan tubuh, yang merupakan bagian dari tubuh yang bertempur melawan virus, bakteri, dan kuman lainnya. Biasanya sistem kekebalan tubuh memproduksi protein yang disebut antibodi yang melindungi tubuh dari penjajah (kuman penyakit). Autoimun berarti sistem kekebalan tidak bisa membedakan antara penjajah dan jaringan sehat tubuh  sendiri (“auto” berarti “diri”). Pada lupus, sistem kekebalan tubuh menciptakan autoantibodi, yang kadang-kadang menyerang dan menghancurkan jaringan sehat. autoantibodi Ini berkontribusi terhadap peradangan, nyeri, kerusakan  di berbagai bagian tubuh.
Ketika orang berbicara tentang “lupus” itu biasanya berarti lupus eritematosus sistemik, atau SLE (systemic lupus erythematosus). Ini merupakan jenis lupus yang paling banyak.
Walaupun lupus dapat mempengaruhi hampir semua sistem organ, bagi kebanyakan orang, hanya mempengaruhi beberapa bagian tubuh. Misalnya, satu orang dengan lupus mungkin memiliki lutut bengkak dan demam. Orang lain mungkin lelah sepanjang waktu atau memiliki masalah ginjal. Orang lain mungkin memiliki ruam. Seiring waktu, gejala yang lebih dapat berkembang.
Biasanya, lupus berkembang perlahan-lahan, dengan gejala yang datang dan pergi. Wanita yang mendapatkan lupus yang paling sering memiliki gejala dan didiagnosis antara usia 15 dan 45. Namun penyakit juga bisa terjadi di masa kecil atau di kemudian hari.
Penyakit lupus
Bagi sebagian orang, lupus adalah penyakit ringan. Tapi bagi orang lain, dapat menyebabkan masalah berat. Bahkan jika gejala lupus  yang ringan, itu adalah penyakit serius yang memerlukan monitoring dan perawatan konstan.
Meskipun “lupus” istilah umumnya mengacu pada SLE, ada beberapa jenis lupus:
Lupus eritematosus sistemik atau SLE, membuat sampai sekitar 70 persen dari semua kasus lupus. SLE bisa ringan atau berat dan dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh. Gejala umum termasuk kelelahan, rambut rontok, kepekaan terhadap matahari (fotosensitivitas), nyeri sendi dan bengkak, demam yang tidak jelas, ruam kulit, dan ginjal. Secara umum diagnosis lupus didasarkan dari kombinasi gejala fisik dan hasil laboratorium.
Cutaneus lupus erythematosus dapat terbatas pada kulit atau terlihat pada mereka dengan SLE. “Cutaneous” berarti “kulit.” Gejala mungkin termasuk ruam / lesi, rambut rontok, vaskulitis (pembengkakan pembuluh darah), bisul, dan fotosensitivitas. Dokter akan menghapus sepotong kecil dari ruam melihatnya di bawah mikroskop untuk mengetahui apakah seseorang memiliki lupus kulit dan bentuk apa itu. Ada dua jenis utama lupus kulit:
Diskoid lupus eritematosus, juga disebut DLE, terutama mempengaruhi kulit. Ruam diskoid biasanya dimulai sebagai ruam merah yang mengangkat menjadi bersisik atau berubah warna ke coklat gelap. Ruam ini sering muncul pada kulit pada wajah dan kulit kepala, tapi daerah lain juga mungkin akan terpengaruh. Kadang-kadang DLE menyebabkan luka di mulut atau hidung. Dokter akan menghapus sepotong kecil dari ruam atau kulit yang sakit dan melihatnya di bawah mikroskop untuk mengetahui apakah seseorang memiliki DLE. Jika Anda memiliki DLE, ada kemungkinan kecil bahwa Anda nanti akan mendapatkan SLE. Saat ini tidak ada cara untuk mengetahui apakah seseorang dengan DLE akan mendapatkan SLE.
Drug-induced lupus adalah bentuk lupus yang disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Gejala drug-induced lupus adalah seperti orang lupus sistemik, tetapi jarang mempengaruhi organ-organ utama. Gejalanya bisa berupa nyeri sendi, nyeri otot, dan demam, dan ringan untuk kebanyakan orang. Sebagian besar waktu, penyakit ini akan hilang bila obat dihentikan. Namun, tidak semua orang yang mengambil obat ini akan mendapatkan drug-induced lupus. Obat yang paling sering dihubungkan dengan drug-induced lupus digunakan untuk merawat kondisi kronis lainnya, seperti kejang, tekanan darah tinggi, atau rheumatoid arthritis. Contohnya termasuk procainamide (Pronestyl ®, Procanbid ®); hydralazine (Apresoline ®; juga, hydralazine adalah bahan dalam Apresazide ® dan BiDil ®); fenitoin (Dilantin ®); etanercept (Enbrel ®), dan adalimumab (Humira ®).
Neonatal lupus adalah suatu kondisi langka pada bayi yang disebabkan oleh antibodi tertentu dari ibu. Antibodi ini dapat ditemukan pada ibu yang memiliki lupus. Tapi ini juga mungkin bayi menderita lupus neonatal meskipun ibunya sehat. Namun, dalam kasus ini sang ibu akan sering mengalami gejala lupus di kemudian hari. Saat lahir, bayi dengan lupus neonatal mungkin memiliki ruam kulit, masalah hati, atau jumlah sel darah rendah, tetapi gejala hilang sama sekali setelah beberapa bulan dan tidak memiliki efek abadi. Bayi dengan lupus neonatal juga dapat memiliki cacat jantung yang jarang namun serius. Kebanyakan bayi dari ibu dengan lupus adalah sehat.
Melalui artikel ini, saya harap Anda sudah mengerti tentang : apa itu penyakit lupus ? termasuk jenis penyakit berat atau ringan ?, pengertian systemic lupus erytrothematosus, pengertian systemic lupus erythematosus, pengertian dari systemic lupus erythematosus, makalah Lupus Eritematosus Sistemik yang Mempengaruhi Kehamilan, macam-macam penyakit sistemik, macam-macam penyakit lupus

Sumber : http://mediskus.com/penyakit/penyakit-lupus.html#ixzz2Q7IatjaD
Harap sertakan Link Sumber Diatas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar